Langsung ke konten utama

Langkah-langkah Menggunakan Norton Ghost

Langkah-langkah Menggunakan Norton Ghost

Saya disini menggunakan Norton Ghost yang ada dalam cd hiren's v9.1.
Selanjutnya Norton Ghost disebut NG

Dengan menggunakan kita dapat melakukan proses:
A. Disk To Disk (kloning hardisk)
B. Disk TO Image (backup hardisk)
C. Disk From Image (restore hardisk)
D. Partition To Partition (kloning partisi)
E. Partition To Image (backup partisi)
f. Partition From Image (restore partisi)

Versi ini secara garis besar sama dengan Portable Symantec Norton Ghost 11.0.0.1502.

Versi NG yang ada didalam cd hiren's dijalankan pada dos dan kalau Portable Symantec Norton Ghost 11.0.0.1502 merupakan versi windows.

Versi portable tidak bisa membackup hardisk atau partisi yang aktif sebagai sistem operasi, jadi jika ingin membackup drive C:\ atau hardisk primary anda bias menggunakan NG 11 yang ada dalam cd Hiren's atau NG 2003.

Versi NG 2003 merupakan versi windows,namun dalam penerapannya NG 2003 sering sekali mengalami error pada hardisk sata, terkadang hardisk sata tidak dikenali sehingga pada tahapan membuat image(setelah restart) program NG tidak menemukan hardisk dan NG akan hang. Bila terjadi hal seperti itu maka kita hardisk kita dalam posisi "menggantung", maksudnya pada proses booting hardisk akan menjalankan NG tetapi pada saat program NG berjalan, NG tidak menemukan hardisk.Dalam posisi "menggantung" kita juga tidak bisa booting ke windows karena posisi boting menuju NG. Untuk mengatasi hal itu kita bisa mengembalikan posisi booting dengan fasilitas pqboot bawaan Power Quest partition Magic.

Ok kita mulai, saat ini saya akan menjelaskan bagai mana cara untuk membackup atau mengkloning.

1. Jika anda menggunakan dua buah hardisk ingat baik-baik jumper hardisk yang posisi master karena dia akan menjadi pembeda pada proses pemilihan hardisk source dan destination(tujuan), hal lain yang dapat anda lakukan untk membantu proses pemilihan source dan destination adalah mengingat kapasitas hardisk, karena kapasistas dapat menjadi pembeda antara hardisk satu dengan yang lain, kapasitas juga dapat menjadi pembeda partisi bila backup\klonig dilakukan pada sebuah partisi. Hal ini sangat penting dan menjadi poin utama untuk mencegah kesalahan pemilihan antara source dan destination yang dapat berakibat hilangnya data-data pada source.
2. Setting di bios untuk booting melalui CD
3. Masukan CD hiren's
4. Pilih "2. Start BootCD"
5. Pilih "2. Disk Clone Tools ..."
6. Pilih "2. Norton Gost 11.0.1 ..."
7. Pilih "7. Ghost (Normal)" (Disini terdapat banyak pilihan dalam penggunaan NG namun saya akan membahas NG normal)
8. Tunggu beberapa saat sampai layar symantec dengan latar belakang biru bermotif muncul tidak perlu memilih apapun biarkan saja, sistem akan berjalan otomatis, kecuali anda ingin merubah settingan-setingan.
9. Pada layar awal akan muncul "About Symantec Ghost" pilih OK anda dapat menggunakan mouse pada aplikasi NG
10. Pilih "Local", akan muncul pilihan "Disk", "Partition", "Check"
11. Sekarang kita akan mencoba proses "E" (membackup partisi C:\ kedalam image), maka pilih "Partition"
12. Pilih "To Image"
12. Pilih hardisk source(sumber)
13. Pilih partisi sumber
14. Tentukan nama dan destination (tujuan/tempat penyimpanan) file image (*.GHO), Ingat walaupun hasil image dapat dikompres namun kapasitas destination harus lebih besar dari kapasitas partisi source yang telah terpakai. Misalkan partisi C:\ yang akan anda backup memiliki kapasitas 10 Gb dan telah terpakai 7 Gb maka kapasitas yang tersedia di destination > 7 Gb(lebih dari 7 Gb)
15. Pilih tipe kompresi, makin tinggi tingkat kompresi yang dipilih maka proses akan semakin lama
16. Pilih "Yes" pada pertanyaan "Proceed with image creation ?"
17. Tunggu deh sampai selesai
18. Setelah selesai keluar dari program NG dan ketikan "restart" pada command.
19. kembalikan booting pada hardisk (melalui bios) maka komputer selesai di back up

Untuk proses A,B,D tahapan yang dilakukan sama seperti diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH DALAM HUKUM ADAT

1. Adopsi : Angkat anak 2. Amani Manuk : Kawin ayah si ayam, istilah untuk menunjukkan betapa rendah dan hinanya, karena tidak sesuai dengan Hukum Adat. 3. Anak pangkalan : Anak perempuan yang tertua menjadi ahli waris yang biasa. 4. Apanage : Sistem pemberian tanah oleh raja kepada pejabat-pejabat kerajaan tertentu (lurah misalnya) sebagai tanah jabatan yang dapat menjamin penghasilan para pejabat yang bersangkutan. 5. Anak piara : Seseorang dapat menitipkan seorang anak kepada orang lain untuk di pelihara. 6. Balai : Tempat bermusyawarah 7. Bergiliran : Pemakaian dan pengurusan harta peninggalan yang tidak dibagi itu dilaksanakan secara bergiliran diantara para keluarga. 8. Bergubalan : Mengadakan hubungan seksual diluar perkawinan dan kemudian hamil 9. Buang hutang : Jika orang senantiasa hutang, tetapi ia tak mau membayar, familinya akan menanggung perbuatan itu. 10.Buang sirih : Or

Blankon Linux

BlankOn Linux adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia (Ubuntu-id.org) demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn 2.0 mendukung multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, serta memiliki thema atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun. [sunting] Filosofi BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan B