Langsung ke konten utama

Blankon Linux

BlankOn Linux adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia (Ubuntu-id.org) demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn 2.0 mendukung multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, serta memiliki thema atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun.

[sunting] Filosofi
BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.
BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno).
Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi).
Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.

BlankOn diharapkan menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap software proprietary.
Setelah menghadirkan BlankOn versi 1 yang berbasis Fedora Core, YPLI dan Komunitas Ubuntu Indonesia mengembangkan BlankOn versi 2 (dengan kode nama "Konde") yang berbasiskan Ubuntu Linux. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di wikipedia pengembangan BlankOn dan selalu terbuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dan berperan aktif dalam pengembangan BlankOn.
BlankOn Linux versi 1.0 dan versi 2.0 ini disponsori oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan beberapa lembaga lainnya.

[sunting] YPLI
Sebuah organisasi yang bergerak dalam pengembangan perangkat lunak dan sumber daya manusia dibidang Linux dan perangkat lunak bebas di Indonesia.

Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

[sunting] Ubuntu-id
Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesia telah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo) Team oleh Ubuntu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH DALAM HUKUM ADAT

1. Adopsi : Angkat anak 2. Amani Manuk : Kawin ayah si ayam, istilah untuk menunjukkan betapa rendah dan hinanya, karena tidak sesuai dengan Hukum Adat. 3. Anak pangkalan : Anak perempuan yang tertua menjadi ahli waris yang biasa. 4. Apanage : Sistem pemberian tanah oleh raja kepada pejabat-pejabat kerajaan tertentu (lurah misalnya) sebagai tanah jabatan yang dapat menjamin penghasilan para pejabat yang bersangkutan. 5. Anak piara : Seseorang dapat menitipkan seorang anak kepada orang lain untuk di pelihara. 6. Balai : Tempat bermusyawarah 7. Bergiliran : Pemakaian dan pengurusan harta peninggalan yang tidak dibagi itu dilaksanakan secara bergiliran diantara para keluarga. 8. Bergubalan : Mengadakan hubungan seksual diluar perkawinan dan kemudian hamil 9. Buang hutang : Jika orang senantiasa hutang, tetapi ia tak mau membayar, familinya akan menanggung perbuatan itu. 10.Buang sirih : Or

Langkah-langkah Menggunakan Norton Ghost

Langkah-langkah Menggunakan Norton Ghost Saya disini menggunakan Norton Ghost yang ada dalam cd hiren's v9.1. Selanjutnya Norton Ghost disebut NG Dengan menggunakan kita dapat melakukan proses: A. Disk To Disk (kloning hardisk) B. Disk TO Image (backup hardisk) C. Disk From Image (restore hardisk) D. Partition To Partition (kloning partisi) E. Partition To Image (backup partisi) f. Partition From Image (restore partisi) Versi ini secara garis besar sama dengan Portable Symantec Norton Ghost 11.0.0.1502. Versi NG yang ada didalam cd hiren's dijalankan pada dos dan kalau Portable Symantec Norton Ghost 11.0.0.1502 merupakan versi windows. Versi portable tidak bisa membackup hardisk atau partisi yang aktif sebagai sistem operasi, jadi jika ingin membackup drive C:\ atau hardisk primary anda bias menggunakan NG 11 yang ada dalam cd Hiren's atau NG 2003. Versi NG 2003 merupakan versi windows,namun dalam penerapannya NG 2003 sering sekali mengalami error pada hardisk sata, terkada